Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 7 No 2 (2022): Edisi Mei 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Efek Fotolistrik pada Pembelajaran Fisika di SMK

Eko Mulyadi (SMK Negeri 3 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Pengembangan media pembelajaran efek fotolistrik berupa serangkaian solar sel, bertujuan untuk: 1) studi kelayakan media pembelajaran efek fotolistrik, 2) mempermudah pemahaman siswa tentang efek fotolistrik, 3) membuat siswa menyukai pembelajaran efek fotolistrik dan 4) mengukur besarnya peran media pembelajaran solar sel dalam membantu pemahaman siswa. Proses pengembangan menggunakan model Borg & Gall: 1) Potensi (Masalah), 2) pengumpulan data, 3) desain produk validasi, 4) revisi, 5) uji coba, 6) revisi, 7) produk yang dihasilkan.yang dimulai dari desain rancangan dengan menggunakan 4 panel surya disusun pararel dihubungkan dengan kabel 2 buah kabel positif dan negatif, ke hambatan, kapasitor dan diode, kemudian ke lampu LED, produk dari desain di rangkai, hasilnya dinilaikan kepada ahli media, ahli materi dan pengguna, penilaian dari ahli media, ahli materi dan pengguna di rekapitulasi, untuk mengetahui kelayakan, hasil masukan dan saran untuk perbaikan produk. Hasil penilaian diperoleh rata-rata dari ahli media sebesar 4,00 kategori baik, ahli materi sebesar 4,40 kategori sangat baik dan pengguna diperoleh rata-rata 3,85 kategori baik dan media layak untuk digunakan, siswa yang memahami materi efek fotolistrik dengan media sebesar 58%, siswa yang menyukai pembelajaran efek fotolistrik dengan media 27% amat baik, 35% baik, siswa menilai peran media pembelajaran efek fotolistrik, 46% amat baik dan 35% baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...