Accounting Global Journal
Vol 6, No 1 (2022): Accounting Global Journal

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TRANSFER PRICING ( STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020)

Febra Robiyanto (Universitas Muria Kudus)
Zuliyati Zuliyati (Universitas Muria Kudus)
Eria Novita Sari (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh faktor-faktor yang mempenaruhi keputusan melakukan transfer pricing yaitu pajak, mekanisme bonus, tunneling incentive, exchange rate, dan leverage  pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penentuan sampelnya menggunakan metode purposive sampling. Iumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 170. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 23,0.hasil penelitian  menunjukkan bahwa pajak, mekanisme bonus, exchange rate, dan leverage berpengaruh positif terhadap transfer pricing, sedangkan tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. kata kunci: Pajak, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Exchange Rate, Leverage dan Transfer Pricing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AccGlobal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Accounting Global Journal (AGJ) with E-ISSN 2623-1778 and P-ISSN 2622-7177 is a journal published by Accounting Department, the Economics and Business Faculty, Universitas Muria Kudus. The articles can be written in Bahasa Indonesia or english by researchers, academics, practitioners, and observers ...