Elementary: Islamic Teacher Journal
Vol 9, No 1 (2021): ELEMENTARY

The Analysis of Needs for Integrated Science Learning Tools Development for Character Education

Irham Nugroho (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Norma Dewi Shalikhah (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Arif Wiyat Purnanto (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2021

Abstract

Arah pengembangan perangkat pembelajaran sains saat ini masih belum banyak mengakomodir pembentukan karakter peserta didik SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran sains di SD/MI. penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, observasi, dan wawancara dengan melibatkan 63 guru SD/MI sebagai responden. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan penting. Pertama, 57,1% guru menyiapkan perangkat pembelajaran sains. Kedua, 79.0% guru mengintegrasikan aspek-aspek karakteristik. Ketiga, 58,7% guru menyatakan pembelajaran berbasis masalah memberi konstribusi dalam pendidikan karakter. Untuk itu perlu dikembangkannya perangkat pembelajaran sains terintegrasi pendidikan karakter untuk mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) di SD/MI.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ELEMENTARY Journal (Print ISSN: 2355-0155; Online ISSN: 2503-0256) is an Islamic teacher journal published by Islamic Elementary School Teacher Education Study Program (PGMI), Islamic Education (Tarbiyah) Department, State College on Islamic Studies (STAIN) Kudus. Elementary is published twice a ...