JURNAL PASTI (PENELITIAN DAN APLIKASI SISTEM DAN TEKNIK INDUSTRI)
Vol 16, No 1 (2022): Jurnal PASTI

PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH INFLUENCER INSTAGRAM TERHADAP NIAT BELI PRODUK PAKAIAN PADA KAUM WANITA GENERASI Z DI KOTA BANDUNG

Chandra Kuswoyo (Universitas Kristen Maranatha)
Cen Lu (Universitas Kristen Maranatha)
Felicia Abednego (Universitas Kristen Maranatha)
Sherly Veronica (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor influencer pada sosial media Instagram terhadap niat beli yang dimediasi oleh citra merek. Pengaruh kredibilitas influencer pada berbagai platform sosial media berupa kepercayaan, keahlian, dan daya tarik diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan, khususnya pada produk pakaian yang dibeli kaum wanita generasi Z. Citra merek yang meliputi citra perusahan, citra pengguna, dan citra produk juga merupakan pertimbangan awal konsumen sebelum memutuskan membeli suatu produk. Desain penelitian bersifat cross sectional. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sebanyak 159 orang yang berdomisili di Bandung. Variabel Y dalam penelitian ini adalah niat beli dan variabel X adalah instagram influencer. Variabel Z sebagai variabel mediasi yang digunakan adalah citra merek. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu Path Analysis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa instagram influencer memengaruhi secara langsung niat beli konsumen, dan berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat beli konsumen melalui citra merek sebagai variabel mediasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pasti

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

The Journal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) receives scientific papers on research that are closely related to the research and application of Industrial Systems and ...