Kreatif
Vol 15, No 1 (2012)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN DIFFERENSIAL PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

., Zainuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2014

Abstract

Abstrak: Permasalahan mendasar yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Persamaan Differensial? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran Persamaan Differensial melalui model pembelajaran pencapaian konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Persamaan Differensial yang ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar Persamaan Differensial dalam setiap siklus : (1) Siklus I (rata-rata = 57,38) , dan Siklus II (rata-rata = 61,92),) ; (2) peningkatan jumlah mahasiswa yang bernilai ≥ 60 dari Siklus I (52,31 %) ke Siklus II (73,85 %), meskipun target indikator kinerja setiap siklus yaitu 75 % mahasiswa bernilai ≥ 60 belum tercapai.   Kata-kata kunci: persamaan differensial, pencapaian konsep, matematika  

Copyrights © 2012