Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam
Vol 2, No 2 (2021)

Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Kelayakan Proposal Penelitian Dosen Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting)

Muhammad Bayu Rahmat (Universitas Muslim Indonesia)
Harlinda Harlinda (Universitas Muslim Indonesia)
Lilis Nur Hayati (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi oleh tenaga pendidik (Dosen) ialah dengan melakukan penelitian. Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. LP2S UMI sebagai unsur pelaksana tri dharma perguruan tinggi, telah melakukan berbagai kegiatan penelitian dalam menunjang implementasi tri dharma perguruan tinggi khusunya dalam bidang penelitian dan pengkajian. Ada tiga jenis penelitian yang dibuka oleh LP2S UMI akan tetapi pada penelitian ini hanya membahas dua jenis penelitian yaitu penelitian pemula dan penelitian internal. Sistem pendukung keputusan penyeleksian kelayakan proposal penelitian dosen menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting (SAW)) merupakan aplikasi yang dibuat gar mengurangi beban pihak LP2S dalam mengelola pendanaan proposal penelitian dosen. Dimana sistem akan memproses nilai yang diinputkan oleh tim reviewer kemudian sistem akan menampilkan output nilai hasil perengkingan dengan ketentuan jika hasil perengkingan lebih kecil 60 maka proposal penelitian tim dosen dinyatakan tidak lolos pendanaan, sedangkan jika nilai hasil perengkingan lebih besar 60 maka proposal dinyatakan lolos pendanaan. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dengan menggunakan teknik blackbox pada pengujian beta menghasilkan presentase tertinggi dari kuisioner sebanyak 82% menyatakan setuju dengan adanya aplikasi tersebut. Jadi dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini sangat baik untuk diterapkan agar membantu pihak LP2S dalam penyeleksian kelayakan proposal penelitian dosen UMI.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BUSITI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI) is an Indonesian scientific journal published by the Department of Information Technology, Faculty of Computer Science, Universitas Muslim Indonesia. BUSITI covers all aspects of the latest outstanding research and developments in the field of ...