Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 3 No 1 (2022): April

Motivasi dan Hasil Belajar pada Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Zoom Meeting pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Muara Lawa

Sintya Mandar Utami (Universitas Mulawarman)
Lambang Subagiyo (Universitas Mulawarman)
Laili Komariyah (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar pada penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Zoom Meeting dengan materi Gelombang Bunyi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIPA yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan 20 pernyataan dan tes soal berjumlah 10 butir untuk mengetahui hasil dan motivasi Belajar. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar pada katagori sedang dengan persentase 76,47% kemudian hasil belajar pada katagori baik dengan persentase 41,18% dan nilai N-Gain adalah 0,67 dengan kriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning ini cukup berpengaruh terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...