INTEKNA
Vol 11 No 1 (2011)

PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BERLANGGANAN SURAT KABAR HARIAN RADAR BANJARMASIN

Rofi’i . (Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar penga-ruh pengembangan produk yang meliputi variabel kualitas isi berita, jumlah halaman, har-ga, pelayanan dan promosi secara parsial maupun simultan terhadap keputusan konsu-men dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis variabel pengembangan produk yang berupa kualitas isi berita, jumlah halaman, harga, pelayanan dan promosi yang berpengaruh paling dominan terhadap ke-putusan konsumen dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriftif. Populasi dalam peneliti-an ini adalah pelanggan surat kabar harian Radar Banjarmasin sampai bulan Oktober berjumlah 1.354 orang dan diambil sampelnya dengan menggunakan teknik Non Proba-bility Sampling dengan ukuran sampel sebesar 100 orang, sedangkan metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi bergandaHasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pengembangan produk secara simultan berpengaruh sebesar 70,03 % terhadap keputusan konsumen dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin, secara parsial  kualitas isi berita 18,3 %, jumlah halam-an 30,6 %, harga 54,2 %, pelayanan 32,8 % dan promosi 10 % berpengaruh positif ter-hadap keputusan konsumen dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin. Harga merupakan variabel pengembangan produk yang memiliki kontribusi paling besar terhadap keputusan konsumen dalam berlangganan koran. Faktor harga ini menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam berlangganan surat kabar harian Radar Banjarmasin.

Copyrights © 2011