INTEKNA
Vol 12 No 2 (2012)

TINJAUAN PENELITIAN EKSPERIMEN PADA ELABORATION LIKELIHOOD MODEL

Sari Hepy Maharani (Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2015

Abstract

Elaboration Likelihood Model (ELM) merupakan model yang menjelaskan proses bagai-mana suatu iklan mempersuasi penontonnya. Banyak riset eksperimen telah dilakukan untuk memberikan bukti empiris bagaimana Elaboration Likelihood Model memberikan kontribusi dalam menjelaskan proses persuasi suatu iklan terhadap konsumennya. Riset eksperimen dipilih karena metode ini merupakan metode yang paling tepat untuk menun-jukkan bagaimana model tersebut bekerja melalui manipulasi terhadap situasi dan iklan yang dilakukan pada objek eksperimen. Sayangnya, tidak sedikit peneliti  yang melaku-kan riset eksperimen pada Elaboration Likelihood Model mengalami kegagalan. Melalui tulisan ini, penulis akan menunjukkan kendala-kendala apa saja yang mungkin dihadapi peneliti dalam melaksanakan suatu penelitian eksperimen ELM.

Copyrights © 2012