INTEKNA
Vol 10 No 2 (2010)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PEMIMPIN OPINI TERHADAP NILAI PELANGGAN PADA RESTORAN SOTO BANJAR DI KOTA BANJARMASIN

Rofi’i . (Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data dan informasi yang memadai, seba-gai bahan analisis pengaruh kualitas pelayanan dan pemimpin opini terhadap nilai pe-langgan pada restoran Soto Banjar di Kota Banjarmasin. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan pada restoran Soto Banjar di Kota Banjarmasin.(2)Untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan terhadap nilai pelanggan (3)Untuk mengetahui Pengaruh Pemimpin opini terhadap nilai pelanggan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey, dengan tujuan untuk me-ngetahui tanggapan dari sebagian populasi yang bersangkutan mengenai objek pene-litian. Untuk melihat besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan pemimpin opini terhadap nilai pelanggan, dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) sebagai suatu alat dan ukuran sampel konsumen akhir sebanyak 110 responden.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel Kualitas Pelayanan  hubungan antara indikator dengan variabelnya signifikan dan yang paling menggambarkan variabel ke-puasan pelayanan dapat kita lihat dari nilai T-value yang paling tinggi yaitu Tangible, Reliability dan Assurance. Pada variabel Pemimpin opini hubungan antara indikator de-ngan variabelnya hanya satu yang signifikan yang sekaligus yang paling menggam-barkan variabelnya yaitu Kelompok Persahabatan. Dan pada variabel Nilai Pelanggan indikator yang paling menggambarkan variabelnya adalah Total Customer Cost. Ber-dasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa yang berpengaruh besar terhadap Nilai pelanggan adalah variabel Kualitas Pelayanan (0,95), hal ini mengindikasikan bah-wa semakin baik kinerja kualitas pelayanan, maka akan semakin menstimulus kenaikan nilai pelanggan dan untuk variabel pemimpin opini dapat diabaikan karena pengaruh ter-hadap nilai pelanggan tidak signifkan pada restoran Soto Banjar di kota Banjarmasin

Copyrights © 2010