INTEKNA
Vol 17 No 1 (2017): Jurnal INTEKNA, Volume 17, No. 1, Mei 2017: 1 - 78

Promosi Dan Keputusan Penggunaan E-Banking Pada Pt Bank Bri (Persero)Tbk

Hikmayanti Huwaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2017

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui promosi dan keputusan penggunaan E-Banking pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden sebanyak 50 orang yang melakukan transaksi pada frontliner. Hasil penelitian menunjukan bahwa Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin 58% mengenal Produk E-Banking. Produk E-Banking dijelaskan pada saat pembukaan rekening. Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin 34% mengetahui semua jenis produk E-Banking melalui media iklan. Nasabah mengenal Produk E-Banking dengan persentase di atas 50% menggunakan media iklan televisi, brosur, baleho, Xbanner, dan spanduk. Media iklan yang persentase nya di bawah 50% yaitu iklan radio, koran, dan majalah. Selain media iklan nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin mengetahui semua jenis produk E-Banking dari keluarga, kerabat dan teman, dan menyatakan biaya administrasi E-Banking cukup terjangkau. Pada media iklan yang persentase nya di bawah 50% seperti iklan radio, koran, dan majalah perlu ditingkatkan. Pengguna E-Banking pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Ahmad Yani Banjarmasin memutuskan menggunakan E-Banking 56% setelah adanya promosi penjualan secara langsung, 56% datang secara langsung ke bank, 52% berdasarkan pengalaman orang lain, 76% karena faktor teknologi, dan 78% menyatakan produk sangat bermanfaat, aman, mudah dan menghemat waktu dalam bertransaksi.

Copyrights © 2017