INTEKNA
Vol 18 No 2 (2018): Vol 18 No 2 (2018): Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 2, Nov 2018: 67-131

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Nilai Pelanggan Dan Customer Relationship Marketing

Ratna Ekawati (Program Studi Manajemen STIE STEMBI)
Winda Winarti (Program Studi Manajemen STIE STEMBI)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh nilai pelanggan dan customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan secara simultan, (2) pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara parsial, dan (3) pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan secara parsial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metoda penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif / verifikatif. Populasinya adalah pelanggan bisnis PT. Deanstey Modish Raya Bandung dengan sampel yang disurvey adalah sebanyak 112 responden. Survey memanfaatkan google form untuk penyebaran dan pengisian kuisioner. Pengujian data : pengujian validitas, pengujian reliabilitas, dan pengujian asumsi klasik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi, dalam operasionalnya pengolahan data menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) nilai pelanggan dan customer relationship marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 51,5% dan sisanya 48,5% dipengaruhi oleh hal lain diluar penelitian ini, (2) nilai pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (3) customer relationship marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya. Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif bagi PT. Deanstey Modish Raya Bandung dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan bisnis.

Copyrights © 2018