INTEKNA
Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53

Pengembangan Perangkat Blended Learning Dalam Rangka Menghadapi Era New Normal Pandemi Covid 19

isna wardiah (Politeknik Negeri Banjarmasin)
Edi Yohanes (Politeknik Negeri Banjarmasin)
Saberan (Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Perangkat blended learning yang dapat diterapkan untuk menghadapi era new normal Pandemi covid-19 dan untuk mengetahui validitasnya. Perangkat pembelajaran dikembangkan untuk mata kuliah Aljabar Linier di program studi Teknik Informatika (TI) Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yang meliputi studi pendahuluan, perancangan dan pengembangan program. Studi pendahuluan berdasarkan kondisi perkuliahan di Poliban. Perancangan produk telah dilakukan dengan pembuatan perangkat blended learning yang terdiri atas Silabus, RPP, buku pegangan mahasiswa dan kelas daring pada moodle elearning poliban. Tahap pengembangan produk adalah uji validitas perangkat yang dihasilkan oleh tim ahli. Penelitian ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, dan kelas online pada moodle elearning poliban dengan alamat elearning.poliban.ac.id. Dari hasil uji validitas perangkat oleh dua orang ahli, didapat skor validitas produk sebesar 4,15 sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat blended learning yang dihasilkan telah valid. Perangkat pembelajaran tersebut saat ini telah mulai digunakan pada pembelajaran Aljabar Linier Prodi TI pada mahasiswa angkatan 2020/2021 yang saat ini masih berjalan 100% daring.

Copyrights © 2021