Sinov : Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang
Vol. 1 No. 1 (2019): Juli: Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang

UJI MODEL PENINGKATAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH MELALUI GOOD GOVERNANCE, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGENDALIAN INTERN (STUDI PADA OPD KABUPATEN SEMARANG)

Lisa Erfi Yunita (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)
Agung Wibowo (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)



Article Info

Publish Date
12 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh good governance, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah 45 instansi OPD Kabupaten Semarang dengan unit penelitian yaitu pegawai bagian akuntansi/ keuangan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan survei kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa good governance dan pengendalian intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah OPD Kabupaten Semarang. Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah OPD Kabupaten Semarang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sinov

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

SINOV adalah media informasi penelitian Kabupaten Semarang yang bertujuan membangun sinergitas kelitbangan dalam mendorong dan meningkatkan inovasi, kemajuan pembangunan dan daya saing daerah. Media ini menerima naskah berbasis kajian atau penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi, fokus penelitian ...