Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 6, No 3 (2021): Agustus 2021

Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VIII MTsN 1 Bireuen Menggunakan Three Tier Test pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Aini Nurawwaluliza (Syiah Kuala University)
Tuti Zubaidah (Syiah Kuala University)
Mukhlis Hidayat (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Miskonsepsi merupakan suatu masalah yang harus diatasi, salah satunya dengan menggunakan tes diagnostik Three Tier Test. Three Tier Test merupakan tes yang tersusun dari tiga tingkatan yaitu tingkatan pertama berisi tentang pengetahuan siswa, tingkatan kedua berisi pilihan alasan, dan tingkatan ketiga berisi tentang tingkat keyakinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan tes diagnostik Three Tier Test. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik Three Tier Test dan pedoman wawancara. Data yang telah dikumpulkan dilakukan triangulasi sumber data. Data hasil Three Tier Test kemudian dikelompokkan sesuai dengan kriteria pemahaman yang ditetapkan dan disajikan dalam bentuk persen dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada siswa yang mengalami miskonsepsi (60%), tidak paham konsep (30%), dan yang memahami konsep (10%). Miskonsepsi terjadi pada setiap indikator materi bangun ruang sisi datar.Kata kunci: Three Tier Test, Miskonsepsi, Bangun Ruang Sisi Datar, Tes Diagnostik

Copyrights © 2021