Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 7, No 1 (2022)

OPTIMALISASI MANAJEMEN HOMESCHOOLING SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKA BERKUALITAS DI KOTA SERANG

Nandang Faturohman (Jurusan Pendidikan Non Forma FKIP Untirta)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2022

Abstract

Homeschooling merupakan pendidikan non-formal yang menjadi pilihan bagi orang tua yang ingin mengaktualisasikan perkembangan aspek kognisi, psikomotorik bahkan aspek sosial yang lebih fleksibel dan pembelajaran yang kondusif sehingga orang tua dapat memantau secara langsung dan orang tua dapat mengetahui perkembangan anak secara berkesinambungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana manajemen diterapkan oleh lembaga lembaga homeschooling di Kota Serang dan bagaimana langkah langkah manajemen yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan sistem homeschooling sehingga menjadi alternatif pendidikan berkualitas di Kota Serang.  Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mendiskripsikan atau menggambarkan suatu masalah. Dalam penelitian ini, objek penelitian yang diambil adalah lembaga lembaga homeschooling di kota Serang. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi dan wawancara. Setelah data diperoleh, langkah selanjutnya adalah menganalisis data.  Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran homeschooling yang diselenggarakan oleh lembaga homeschooling  tetap mengacu pada standar kompetensi yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang yang juga diterapkan pada lembaga pendidikan formal. Standar proses pada pendidikan nonformal termasuk homeschooling tidak diatur secara khusus, sehingga proses homeschooling justru dapat disesuaikan dengan kebutuhan, keunikan, serta bakat dan minat siswa. Langkah langkah manajemen yang dapat dilakukan oleh lembaga homeschooling agar dapat mengoptimalkan hasil pembelajaran secara homeschooling adalah menerapkan prinsip prinsip manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi, dengan tetap membangun sarana komunikasi yang sistematis antara guru, murid dan orang tua sehingga proses belajar dapat diarahkan secara efektif untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Langkah lain yang direkomendasikan adalah dengan menguatkan secara kelembagaan agar mindset masyarakat lebih terbentuk bahwa siswa homeschooling juga merupakan siswa yang dapat bersaing terbuka dengan siswa lain yang bersekolah pada lembaga pendidikan formal. Dengan demikian maka lembaga homeschooling dapat menjadi lembaga yang berkualitas.Kata Kunci: Homeschooling, Manajemen

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...