Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 7, No 1 (2022)

PENERAPAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PAKET B DI WINDSOR HOMESCHOOLING JAKARTA BARAT

Ila Rosmilawati (Pendidikan Nonformal, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syadeli Hanafi (Pendidikan Nonformal, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Elysa Rizky Wijayanti (Pendidikan Nonformal, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran self-directed learning pada komunitas homeschooling dan kontribusinya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Windsor Hsomeschooling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penerapan model self-directed learning pada komunitas homeschooling dilakukan dengan tahapan-tahapan yang berurutan oleh siswa homeschooling untuk mengatur otonomi belajar siswa yaitu meliputi tahap perencanaan dimana siswa merencanakan aktivitas belajar, tahap pengawasan dimana siswa melakukan pengamatan dan pengobservasian dalam kegiatan belajar dan tahap evaluasi dimana siswa mengevaluasi hasil belajar yang dilakukan melalui umpan balik, (2) Motivasi belajar siswa homeschooling yaitu motivasi belajar intrinsik yang meliputi semangat belajar, belajar untuk mengembangkan potensi diri, adanya rasa keingintahuan terhadap hal baru serta ulet dalam menghadapi kesulitan, serta motivasi belajar ekstrinsik yakni meliputi adanya penghargaan belajar, motivasi tumbuh karena penggunaan metode team quiz dan adanya lingkungan belajar yang nyaman, dan (3) Kontribusi model self-directed learning pada peningkatan motivasi belajar siswa homeschooling yaitu metode penugasan mandiri dalam SDL, mengelola diri dalam SDL, mampu bersosialisasi dengan baik, model SDL dapat membangkitkan minat belajar siswa, dan kontrol diri dalam SDLKata Kunci: Homeschooling, Model Pembelajaran, Self-directed Learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...