Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 7, No 1 (2022)

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN DI UPTD LATIHAN KERJA KABUPATEN TANGERANG

Dadan Darmawan (Pendidikan Non Formal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Wanda Febryanti (Pendidikan Non Formal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Herlina Siregar (Pendidikan Non Formal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara disiplin belajar terhadap kesiapan kerja peserta pelatihan pada gelombang 4 di UPTD Latihan Kerja Kabupaten Tangerang. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu disebabkan oleh terjadinya penurunan antara tingkat pelatihan dan penempatan dan kesiapan kerja yang belum optimal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 90 responden yang berasal dari gelombang 4, teknik pengumpulan datanya adalah dengan kuesioner atau angket yang disebarkan atau dibagikan kepada para responden. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan untuk menguji tingkat reliabilitasnya dengan menggunakan Cronbanch Alpha dan kemudian data diolah dengan melalui beberapa pengujian, diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji T, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan keja.Kata kunci : Disiplin Belajar, Kesiapan Kerja 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...