Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 7, No 1 (2022)

PELATIHAN TATA BOGA UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA (BBPLK) BEKASI

Addiniya Anwaliya (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nia Hoerniasih (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ratna Sari Dewi (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan tata boga untuk menumbuhkan kemampuan berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi. (2) Mendeskripsikan faktor penghambat pelatihan tata boga untuk menumbuhkan kemampuan berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi. (3) Mendeskripsikan hasil pelatihan tata boga untuk menumbuhkan kemampuan berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi. Adapun subjek penelitiannya adalah: (1) Sumber informan: satu orang ketua jurusan dan satu orang instruktur, (2) Sumber informasi: tiga orang peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan koleksi data, redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pelatihan tata boga untuk menumbuhkan kemampuan berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi berjalan dengan baik diawali dengan apel pagi untuk melatih kedisiplinan peserta pelatihan sebelum memulai pembelajaran. (2) Faktor penghambat internal tidak adanya minat dan motivasi dalam diri peserta pelatihan, faktor penghambat eksternal kurangnya instruktur dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. (3) Hasil yang didapatkan setelah mengikuti pelatihan tata boga peserta pelatihan dapat meningkatkan sikap disiplin diri, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan berwirausahaKata kunci: Pelatihan Tata Boga, Wirausaha, BBPLK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...