Tumbuh Kembang
Vol 9, No 1 (2022): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI

PEMANFAATAN MEDIA ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA LEMBAGA PAUD

Alimudin Alimudin (Institut Agama Islam Negeri Metro)
Nihwan Nihwan (UIN Metro)
Nur Aini Zaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Tujuan penulisan artike ini adalah untuk menyajikan media elektronik yang dapat digunakan untuk membantu pelaksanan proses penilaian pada kegiatan pembeljaran jarak jatuh. Metode yang diguankan adalah kulitatif dengan pendekatan kajian pustaka.  Melalui kegiatan penilaian pembelajaran orang tua memperoleh umpan balik mengenai perkembangan dan pertumbuhan anak selama melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh serta menjadi alat evaluasi bagi pendidik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Penilaian pembelajaran jarak jauh tidak sama dengan penilaian pembelajaran tatap muka. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat memanfaatkan media elektronik sebagai alat bantu yang memudahkan guru dalam pelaksanaan penilaian. Beberapa media elektronik yang bisa digunakan untuk melakukan penilaian adalah zoom meeting, whatsapp dan google form. Penggunaan media elektronik tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa bantuan orang tua murid. Karena pada dasarnya pelaksanaan pembelajaran jarak jatuh pada lembaga pendidikan anak usia dini harus didampingi oleh orang tua peserta didik. perlunya komunikasi guru dengan orang tua murid terjalin dengan baik agar penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak bisa berjalan dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tumbuhkembang

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak ...