JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 1 (2022)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI STATISTIK MELALUI PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN POWER POINT

Ken Pudaq Paryshuri (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Sri Hariyani (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Rahaju Rahaju (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2022

Abstract

Pembelajaran statistik dianggap membosankan oleh sebagian besar siswa. Banyak siswa yang kurang memperhatikan dan terlibat dalam pembelajaran, sehingga prestasi belajar mereka rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap-tahap pembelajaran NHT dengan dukungan media power point pada materi statistik yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Penggumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Media power point digunakan untuk menjelaskan materi. Slide power point berisi teks, gambar, dan diagram meningkatkan perhatian siswa terhadap penjelasan guru, sehingga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Pembelajaran NHT dilakukan secara berkelompok dan setiap anggota kelompok mendapatkan nomor kepala. Setiap kelompok menyelesaikan masalah dalam LKK melalui diskusi. Hasil penyelesaian masalah dipresentasikan oleh perwakilan kelompok yang dipilih secara acak melalui pengundian dengan dadu dan kartu undian. Pemilihan anggota kelompok secara acak mendorong siswa aktif mengikuti pembelajaran, sehingga memahami materi yang dipelajari. Hasil pembelajaran model NHT dengan media power point menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus 1 terdapat 86,95% siswa tuntas belajar dan pada siklus II sebanyak 92% siswa tuntas belajar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi alternatif model pembelajaran matematika yang meningkatkan aktivitas belajar siswa dan berdampak meningkatkan prestasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...