AKSIOMA
Vol 13, No 1 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil self confidence siswa SMP kelas IX dalam pembelajaran matematika online pada masa pandemi

Pinkan Pramesti (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Pandemi ini telah menyebabkan dan mengubah semua aspek kehidupan salah satunya yaitu bidang pendidikan, sehingga pemerintah memberlakukan PSBB dan pembelajaran offline digantikan dengan pembelajaran jarak jauh, kepercayaan diri atau self confidence sangat penting dalam pembelajaran jarak jauh terutama dalam pembelajaran matematika secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Self Confidence atau kepercayaan diriĀ  siswa kelas IX SMP di kabupaten Cirebon. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Insntrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self confidence atau kepercayaan diri siswa kelas IX SMP dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran online pada masa pandemi, secara keseluruhan memperoleh presentase 61% termasuk dalam kategori sedang. sedangnya kepercayaan diri siswa dipengaruhi oleh kurangnya rasa percaya diri siswa terhadap kemampuan yang dimilikinya. Dilihat hasil persentase Kepercayaan diri siswa tersebut indikator yang mempunyai nilai presentase tertinggi yaitu indikator berani mengungkapkan pendapat sebesar 66,76 %, dan yang mempunyai nilai presentase terendah yaitu indikator percaya kepada kemampuan sendiri sebesar 57,69 % maka dapat disimpulkan bahwa siswa sudah cukup baik dalam mengungkapkan pendapat, tetapi masih kurang percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri dalam pembelajaran matematika secara online dimasa pandemic.Kata Kunci : Self Cofidence; Pandemi; Matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...