Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology
Vol 2 No 1 (2013): June 2013

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA SMK DENGAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK




Article Info

Publish Date
27 May 2013

Abstract

AbstrakMenyusul kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional tentang pembalikan jumlah rasio SMA : SMK = 30% : 70% pada tahun 2014 nanti, ke depan lulusan SMK diharapkan mampu bersaing dalam era globalisasi dan pasar bebas, yaitu keterampilan dan kemampuan siswa SMK yang siap bina dan siap pakai, sehingga dapat memiliki keunggulan yang kompetitif. Oleh karena itu, inovasi dalam pembelajaran IPA yang dapat menumbuhkan keterampilan proses sains (KPS) diperlukan dalam pemecahan masalah dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan model kontekstual berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar dan KPS siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata 3,68, dan juga efektif  karena telah mampu memenuhi indikator yang diharapkan, yaitu: terdapat peningkatan KPS dengan skor rata-rata 72,85 dan ketuntasan klasikal 80,6%; terdapat peningkatan hasil belajar kognitif  siswa, yaitu rata-rata meningkat dari 58,33 menjadi 81,39 dan ketuntasan klasikal 92% (33 dari 36 siswa telah tuntas); rata-rata hasil belajar afektif  dan psikomotorik siswa juga mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu ≥ 70; serta sebanyak 91,18% (31 dari 34 siswa) memberikan respon baik terhadap pembelajaran kontekstual berbasis proyek. Saran yang dapat penulis berikan adalah pada pelaksanaan diskusi perlu ada kontrol yang  baik oleh guru pada saat diskusi kelompok sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktunya dengan baik.AbstractDealing with the policy of  the minister of  Education : The Total Ratio SMU : SMK = 30% : 70% in year 2014, to the future, the skill and the ability of  SMK students are ready to build and to use so they are able to own the specialty. Consequently, the innovation in the science learning process that can develop science student skill is needed. This research is though development of  science learning at vocational school using contextual model based on project to improve the learning result and science process skill students. After treated with this model, the teaching and learning advise used in teaching “ways in handling waste” topic using con-textual model based on project valid with average 3,68, effective because is able to complete the indicator, there is an increase of  Science Process Skill with an average score of  72,85 and 80,6% completeness classical or 29 among 36 students have completed. There is an increase students’ cognitive learning outcomes, the average increased from 58,33 to 81,39 and 92 % classical completeness, or 33 among 36 students have completed. The average of  affective and psychomotor learning outcomes students’ achieve well defined indicators of success, were ≥ 70. A total of  91,18% or 31 among 34 students responded well to the project based learning.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ujet

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology is a primary source for academics and professionals in the fields of digital educational and training technology throughout the world. This Journal is published by Postgraduate Program, Universitas Negeri Semarang. This Journal receives and ...