Edu Geography
Vol 10 No 1 (2022): Vol 10 No 1 (2022)

Pemanfaatan Media E-Learning Berbasis Jejaring Sosial Facebook Sebagai Sarana Pembelajaran Geografi di SMA Kota Semarang




Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Dalam pendidikan adanya internet memunculkan gagasan adanya distance learning atau pembelajaran jarak jauh, hal ini di karenakan adanya keterbatasan dalam pembelajaran di kelas dan kondisi pembelajaran sekarang yang membutuhkan pembelajaran yang fleksible dalam waktu dan tempat lingkungan hidup agar siswa dapat berpartisipasi secara langsung. Permasalahan yang ditemukan di sekolah adalah belum optimal penyerapan materi geografi oleh siswa, pemanfaatan fasilitas wifi dan Facebook di sekolah, sehingga dilakukan penelitian produk media e learning Facebook. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: 1) Mendesain media e-learning Facebook pada pembelajaran geografi, 2) Mengetahui kualitas hasil media e-learning Facebook menurut review ahli, dan uji coba siswa, 3) Mengetahui kelayakan media e-learning Facebook pada pembelajaran geografi. Desain e-learning Facebook diproduksi dengan merancang flowchart dan storyboard sebagai dasar merancang produk e-learning Facebok. Efektivitas e-learning Facebook dilakukan oleh siswa kelas x dari 6 sekolah yang ada di SMA kota semarang. Jenis penelitian menggunakan pre-experimen designs (ekperimen tidak sebenarnya). Teknik pengumpulan data menggunkan dokumentasi, angket kuesioner.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...