Edu Geography
Vol 10 No 1 (2022): Vol 10 No 1 (2022)

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR OLEH BPBD DAN MDMC KABUPATEN WONOSOBO MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN SD MUHAMMADIYAH TIENG KEJAJAR




Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana tanah longsor oleh BPBD dan MDMC Kabupaten Wonosobo dan menganalisis efektivitas pelaksanaan tersebut dalam meningkatkan hasil belajar peserta ekstrakurikuler Hizbul Wathan tingkat pengenal SD Muhammadiyah Tieng. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri atas 30 siswa dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis distribusi frekuensi dan uji hipotesis statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian pelaksanaan pendidikan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan menunjukkan pendidikan mitigasi tanah longsor oleh BPBD dan MDMC dapat membantu meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana peserta Hizbul Wathan, oleh BPBD terdapat peningkatan nilai indeks rata-rata tabel distribusi frekuensi hasil pre test dan post test efektivitas pelaksanaan dengan persentase 88% kategori sedang menjadi 92,5% kategori tinggi dan peningkatan pengetahuan dari 72,5% kategori sedang menjadi 100% kategori tinggi serta oleh MDMC efektivitas pelaksanaan dengan persentase 96% kategori sedang menjadi 86% kategori tinggi, untuk pengetahuan dengan persentase 67,5% kategori sedang menjadi 92,5% kategori tinggi. Kemudian untuk nilai signifikansi dengan uji Wilcoxon memperoleh hasil 0,00<0,05

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...