Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 4 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Sains Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Cut Safrida Riska (Universitas Negeri Medan)
Ani Sutiani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa, dari pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning terinteegrasii literasi sains. Subjek dalam penelitian ini adalah Modul berbasis model pelajaran Discovery Learning terintegrasi literasi sains.Objek Penelitian ini adalah Materi kesetimbangan kimia. Jenis penelitan ini adalah pengembangan yang mengacu pada model ADDIE . Penelitian ini menggunakan instrument non tes, instrument non tes yang digunakan berupa Lembar Validasi yang telah memenuhi standar BSNP yaitu aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa serta kegrafikan oleh validator dan Lembarangket respon siswa dengan skala lima kategori. Hasil kelayakan validasi menunjukkan bahwa pengembangan modul berbassis discovery learning terintegrasi literasi sains pada materi kesetimbangan kimia. Persentase rata-rata penilaian validator ahli media pada kelayakan isi yaitu 87,32%, kelayakan penyajian yaitu 88%, kelayakan bahasa yaitu 85,28%. Dan untuk persentase penilaian media rata-rata pada kelayakan kegrafikan 93,50% dn kelayakan bahasa yaitu 88.86%. Serta pada hasil presentase rata rata respon siswa pada aspek kemenarikan sebesar 89,6%, aspek materi yaitu 90,6%, aspek bahasa 92,6% .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...