Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6, No 1 (2022)

Pengembangan LKPD Berdasarkan Keragaman Capung Di Kawasan Danau Dendam Tak Sudah

Uci Rahma Dwita (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Irwandi Ansori (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Abdul Rahman (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Dewi Jumiarni (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Aceng Ruyani (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)
Abas Abas (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD bagi siswa SMA yang valid berdasarkan keragaman capung di kawasan Danau Dendam Tak Sudah.  Jenis penelitian ini adalah Reseach and Devolopment yang mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Langkah penelitian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data keragaman jenis capung dianalisis secara deskriptif. Uji validasi LKPD meliputi aspek materi, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. Hasil uji validasi LKPD oleh ahli materi 83,4%, ahli media 90,6% dan ahli praktisi (guru biologi) 92,6%. Secara keseluruhan rata-rata persentase dari ketiga validator sebesar 88,8% dengan kriteria “sangat valid”. Disimpulkan bahwa desain LKPD yang dikembangkan berdasarkan keragaman capung di kawasan Danau Dendam Tak Sudah Kota Bengkulu ini sudah sahih untuk digunakan sebagai sumber belajar.Keywords: Capung (Odonata), Danau Dendam Tak Sudah, LKPD

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...