Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6, No 1 (2022)

Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Fitha Armeinty Lino Padang (Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati Ramlawati (Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Sitti Rahma Yunus (Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan hasilbelajar peserta didik kelas VII pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup yang di ajar dengan menggunakan  media Assemblr EDU berbasis Augmented Reality, dan 2) mengetahui penerapan media Assemblr EDU berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experiment. Design dengan refleksi 2 kelas sehingga terdapat 3 kelas eksperimen. Populasi seluruh peserta didik kelas VII SMPN 3 Makassar, sampel dipilih secara purposive sampling dengan 3 kelas, yaitu kelas VII.6 sebanyak 14 orang; kelas VII.7 sebanyak 15 orang; dan kelas VII.8 sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar. Data di analisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) peningkatan hasil belajar peserta didik berada pada kategori rendah, 2) penerapan media Assemblr EDU berbasis Augmented Reality dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Keywords: Augmented Reality, Belajar, Media Assemblr EDU

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...