Iklan merupakan salah satu media promosi berbentuk audio visual. Penelitian ini mengambil objek iklan GoPay versi Belajar Membaca dan Menulis. GoPay merupakan fasilitas yang ada pada aplikasi Gojek. Gojek yang pada awalnya hanya perusahaan teknologi jasa angkutan bermotor, dan terus berkembang dengan aplikasi online nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis visual pada iklan GoPay versi Belajar Membaca dan Menulis, dimana iklan ini terdiri dari beberapa halaman yang akan dikaji elemen-elemen visualnya dan mengkaji karakter Budi yang ada pada iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskripsi dengan pendekatan analisis visual. Pengumpulan data diperoleh dari artikel-artikel jurnal, buku dan objek iklan online. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan elemen-elemen visual pada setiap halaman iklan dan figur Budi dengan karakter yang baik, tidak sombong, suka menolong agar pesan dalam iklan tersebut sampai pada target yang dituju.
Copyrights © 2022