Prosiding Pendidikan Sains
Vol 1, No 1 (2014): Seminar Nasional Pendidikan Sains IV (SNPS IV 2014)

KAJIAN HIRARKI: KESULITAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP PRATEGANGAN PEMBAGI TEGANGAN PADA TRANSISTOR

Kurniadi, erawan - ( Pendidikan Fisika IKIP PGRI Madiun)
Handika, jeffry - ( Pendidikan Fisika IKIP PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2014

Abstract

Belajar mandiri harus dilatihkan pada mahasiswa agar tidak selalu bergantung pada penjelasan oleh dosen dalam memahami materi pembelajaran. Dalam jangka panjang, kemandirian akan sangat bermanfaat, namun dalam prosesnya, belajar secara mandiri seringkali berbuah kesulitan pada mahasiswa. Sebuah kenyataan menunjukkan bahwa mahasiswa tidak dapat memahami konsep prategangan pembagi tegangan pada transistor melalui belajar mandiri. Kajian hirarki menunjukkan bahwa penyebab utamanya adalah ketidakpahaman mahasiswa terhadap materi prasyarat yang harus terlebih dahulu dikuasai dengan baik. Uji penguasaan konsep prategangan pembagi tegangan pada transistor menunjukkan 25 dari 35 mahasiswa gagal paham melalui belajar mandiri. Uji penguasaan materi prasyarat (rangkaian sederhana) menunjukkan 10 mahasiswa menguasai materi rangkaian sederhana dengan baik, 5 mahasiswa kurang menguasai, dan 20 mahasiswa tidak menguasai. Mahasiswa yang tidak paham konsep prategangan pembagi tegangan pada transistor adalah mahasiswa yang tidak menguasai materi rangkaian sederhana.Kata kunci: kajian hirarki, paham konsep.  

Copyrights © 2014