Prosiding Pendidikan Sains
Vol 1, No 1 (2014): Seminar Nasional Pendidikan Sains IV (SNPS IV 2014)

IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI ASPEK-ASPEK LITERASI SAINS

-, Suciati - ( Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, UNS)
-, Resty - ( Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, UNS)
W, Ita - ( Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, UNS)
Nanang, Eskatur - ( Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, UNS)
-, Meikha - ( Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, UNS)
-, Prima - ( Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, UNS)
-, Reny - ( Program Studi Magister Pendidikan Sains, FKIP, UNS)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2014

Abstract

Salah satu kunci sukses menghadapi tantangan abad 21 adalah melek sains (science literacy) yaitu kemampuan seseorang dalam memahami, mengkomunikasikan, serta mengaplikasikan konsep biologi dalam kehidupan nyata. Pembelajaran biologi adalah salah satu wahana untuk memberdayakan literasi sains.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa ditinjau dari aspek literasi sains meliputi 3 aspek: konten, proses, dan konteks.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 186 subyek di 7 sekolah yang berbeda (SMA 5 surakarta, SMA 7 Surakarta, SMA 8 Surakarta, MAN 1 Sragen, SMA 1 Sumberlawang, SMAN 2 Karanganyar, dan SMAN 1 Jogorogo). Data dihimpun menggunakan teknik tes dan non-tes (observasi, dokumentasi, angket, wawancara), selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa ditinjau dari aspek konten (34,4%), aspek proses (32,61%), dan aspek konteks (35,91%).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan literasi sains pada aspek proses merupakan aspek kemampuan literasi sains rendah.  

Copyrights © 2014