Rekayasa terowongan sering dihadapkan pada berbagai kendala. Salah satu kendala yang dikaji tulisan ini adalah adanya batuan panas pada suatu bagian tertentu dari terowongan yang akan digali. Kondisi ini tidak munguntungkan dari sisi teknik pengerjaannya mengingat kesulitan para pekerja. Salah satu solusi agar pekerjaan penggalian terowongan dapat dilakukan adalah dengan mendinginkan bagian batuan yang panas tersebut.Di dalam makalah ini akan dibahas teknik pendinginan yang akan digunakan dan estimasi beban di dalam terowongan agar proses penggalian dapat berjalan dengan lancar dan ekonomis. perhitungan beban pendinginan dengan cara numerik juga akan dibahas dalam makalah ini. Fenomenadan dan karakteristik ï¬sik seperti sifat konduktiï¬tas tanah dan batuan, kehomogenan sifat batuan panas dan sumber panas dari batuan panas perlu di pelajari lebih lanjut sehingga penyederhanaan berbagai parameter dalam perhitungan dan estimasi beban diharapkan tidak menyimpang jauh dari beban pendinginan sebenarnya yang terjadi di lapangan.
Copyrights © 1994