Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 No.1 Tahun 2022

Pemanfaatan Pendekatan Berbasis Active Knowledge Sharing Learning Sebagai Upaya Untuk Mengoptimalkan Hasil Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Guru Kelas VI Semester Genap Di SD Negeri 1 Borang Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran

Nunuk Kusrini (SD Negeri 1 Borang Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Kemajuan di bidang pendidikan dapat diwujudkan ke dalam kondisi pembelajaran Guru aktif merupakan harapan dari semua komponen pendidikan termasuk masyarakat dan praktisi pendidikan. Oleh sebab itu dalam kegiatan pembelajaran dituntut suatu strategi pembelajaran yang direncanakan oleh guru dengan mengedepankan keaktifan Guru dalam kegiatan belajar mengajar. Strategi pembelajaran berbasis Active Knowledge Sharing Learning (Pembelajaran Saling Tukar Pengetahuan) yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar Guru Kelas VI Semester Genap di SD Negeri 1 Borang Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. ternyata lebih efektif dalam meningkatkan dan menumbuhkan aktivitas Kecakapan Hidup, motivasi, dan Prestasi Belajar hasil belajar Guru. Hal ini terbukti hasil nilai yang telah dicapai. Distribusi hasil belajar secara prosentase dari Guru Kelas VI Semester Genap di SD Negeri 1 Borang Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada Siklus I : 5 siswa memperoleh nilai 63; 1 siswa memperoleh nilai 65; 3 siswa memperoleh nilai 66; 8 siswa memperoleh nilai 67; dan 3 siswa memperoleh nilai 68. Nilai rata-rata 65,90. Distribusi hasil belajar secara prosentase dari Guru Kelas VI Semester Genap di SD Negeri 1 Borang Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019 Pada Siklus 2: 6 siswa memperoleh nilai 85; 4 siswa memperoleh nilai 86; 5 siswa memperoleh nilai 88; dan 5 siswa memperoleh nilai 89. Nilai rata-rata 86,95.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...