Menulis puisi dirasakan sangat sulit penyebabnya adalah kurangnya latihan menulis puisi. Padahal menulis puisi itu merupakan hal yang mudah hanya siswa tidak menyadari bahwa apa yang ia rasakan jika ditulis dengan bahasa yang indah, maka akan menghasilkan tulisan yang mempunyai nilai estetis yang tinggi. Melalui strategi observasi lingkungan, siswa dibimbing agar dapat menulis puisi dengan baik, tidak asal jadi, tetapi mempunyai nilai estetis. Dari hasil penilaian menulis puisi dalam pembelajaran di kelas tampak bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perhatikan skor/nilai rata-rata dari judul siklus I 75,00%, pada siklus II menjadi 89,00%, pada isi dengan skor/nilai rata-rata siklus I 54,00%, pada siklus II menjadi 77,00%, penggunaan Diksi dengan skor/nilai pada siklus I 52,00%, pada siklus II menjadi 75,00%, dan skor/nilai rata-rata pada siklus I 60,33%, pada siklus II menjadi 80,33%. Dengan adanya peningkatan yang signifikan tersebut disimpulkan bahwa penerapan strategi observasi lingkungan dalam pembelajaran menulis puisi siswa, ada peningkatan yang luar biasa. Peneliti katakan demikian mendasar hasil penilaian pembelajaran menulis puisi siswa tersebut.
Copyrights © 2022