Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 No.1 Tahun 2022

Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IV SDN Krompol 1 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi Melalui Metode Pemodelan

Susti Susti (SDN Krompol 1 Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2022

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu dari aspek pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah. Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) kegiatan guru masih berorientasi pada metode pembelajaran yang konvensional. Selain itu metode yang digunakan tidak lebih pada kegiatan ceramah oleh guru sementera siswa hanya sebagai pendengar. Akibat dari pendekatan belajar yang menekankan pada aktivitas guru tersebut kompetensi yang dimiliki siswa tidak bisa berkembang secara optimal. Selain itu, tingkat ketuntasan dalam belajar siswa juga cenderung rendah. Penelitian dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan metode pemodelan sebagai berikut: (1) mengamati model surat, (2) mencatat sistematika surat pribadi, (3) mendiskusikan isi surat yang diamati, (4) menulis surat pribadi, (5) merevisi surat pribadi hasil karya sendiri, (6) mengedit surat pribadi hasil karya temannya, dan (7) melaksanakan penilaian sebagai evaluasi hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I nilai aktivtitas siswa adalah 69,70 yang masih termasuk kategori cukup dan nilai produk menulis surat pribadi 73,24. Pada siklus II dengan mengadakan perubahan pada rencana pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan dalam pemberian bimbingan dapat meningkatkan aktivitas siswa menjadi 77,80% dengan kategori baik dan nilai hasil rata-rata 80,04. Dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 maka secara individual maupun secara klasikal sudah tuntas. Dari hasil tersebut di atas menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi dengan metode pemodelan berhasil baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...