Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 12 No 2 (2022)

Efektivitas Pembelajaran Online Pada Pegawai di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Grobogan

Nanang Wijaya (Universitas Diponegoro Semarang)
Ahyar Yuniawan (Universitas Diponegoro Semarang)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Covid-19 memberikan dampak yang luar bisa terhadap peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Ditengah Pandemi Covid-19, model pembelajaran secara online sangat diharapkan mampu menjaga dan meningkatkan produktivitas pegawai dalam menghadapi cepatnya perubahan di lingkungan institusi. Dalam pelaksanaanya, ketersediaan sarana dan prasarana dibidang teknologi informasi menjadi suatu keharusan. Kehadiran sebuah teknologi yang mendukung pembelajaran online akan memberikan nilai tambah dan memiliki pengaruh positif terhadap proses dan keberlangsungan pembelajaran. Pembelajaran online menjadi metode pembelajaran jarak jauh yang menggunakan platform untuk mendukung peningkatan pengetahuan, kemahiran, perilaku dan persepsi sumber daya manusia karena cepatnya perubahan teknologi. Model pembelajaran secara online ini termasuk salah satu dari bentuk penerapan strategi pengembangan manajemen SDM dilingkungan pemerintahan. Tujuan dari sistem pembelajaran online adalah untuk meningkatkan kapasitas pegawai agar sebuah institusi mampu untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan, daya saing dan keunggulan kompetitifnya. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah bagaimana pemerintah mampu mengetahui strategi untuk meningkatkan pembelajaran online yang efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...