Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 4, No 1 (2022): Peqguruang, Volume 4, No.1, Mei 2022

Pengaruh Model Double Loop Problem Solving Tehadap Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Campalagiang

Maya Kartina (Universitas Al Asyariah Mandar)
Reskiah Reskiah (Universitas Al Asyariah Mandar)
Ahmad Syah (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
18 May 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruangl. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 AMPALAGIAN dan sampelnya adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran dan lembar observasi. Untuk pengolahan data yang terkumpul digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil analisi deskriptif diperoleh hasil tes akhir (posttest) yaitu rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen sebesar 76,94 sedangkan rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas kontrol sebesar 71,63. Hasil perhitungan uji-t diperoleh sebesar 3,381 dan sebesar 1,669 berarti yaitu 3,381 1,669. Selanjutnya dari signifikan 0,001 untuk = 0,05 terlihat bahwa sig 0,05. Dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran double loop problem solving berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa VIII SMP negeri 3 campalagian.

Copyrights © 2022