Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 13 No. 69 (2007)

HUBUNGAN ANTARA INTELEGENSI KEMAMPUAN MENYIMAK, DAN KEMAMPUAN MEMBACA, DENGAN PRESTASI BELAJAR (STUDI PADA SISWA SMAN DI BANDUNG)

Pien Supinah Adiwiria (FPBS Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2007

Abstract

Studi ini bertujuan, untuk mengidentifikasi pengaruh intelegensi terhadap kemampuan menyimak dan kemampuan membaca, dan pengaruh intelegensi, kemampuan membaca, dan kemampuan menyimak terhadap prestasi belajar. Studi ini menggunakan sampel sebanyak 112 siswa SMA di kota Bandungf. Studi ini menemukan pengaruh intelegensi terhadap kemampuan menyimak dan kemampuan membaca. Hasil studi ini juga mengindikasikan pengaruh kemampuan membaca terhadap prestasi belajar serta pengaruh kemampuan menyimak terhadap prestasi belajar, juga mengidentifikasi pengaruh gabungan antara intelegensi, kemampuan menyimak, dan kemampuan membaca terhadap prestasi belajar. Studi ini menemukan suatu model sebab akibat dari hubungan intelegensi, kemampuan membaca, dan kemampuan menyimak terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

jpnk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal published by Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Agency for Research and Development, Ministry of Education and Culture of Republic of Indonesia), publish twice a year in June and December. This journal ...