Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 4, No 1 (2022): Peqguruang, Volume 4, No.1, Mei 2022

PERAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN MOBIL ANGKUTAN UMUM DI KABUPATEN MAMASA

Semuel Semuel (Universitas Al Asyariah Mandar)
Abdul Khalik (Unknown)
Hamdan Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peran Dinas Perhubungan Kabupaten Mamasa dalam meningkatkan kualitas pelayanan Angkutan Umum dan untuk Mengetahui apa hambatan dalam pelayanan Angkutan Umum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif yang bertujuan untuk mengetahui Peran Dinas Perhubungan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Mobil Angkutan Umum di Kabupaten Mamasa. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan Key dan Informan Tambahan. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif, yaitu menguraikan serta menginterpretasikan data yang di peroleh di lapangan dari key informan.  Hasil analisis menunjukkan bahwa dinas perhubungan Kabupaten Mamasa mempunyai peran sebagai regulator yaitu perumusan atau pembuat kebijakan seperti penentuan tarif angkutan umun dan kebijakan-kebijakan lainnya sudah, Sebagai fasilitator dibidang pelayanan angkutan umum seperti pelayanan perisinan. Sebagai pembina agar pengendara dapat memahami aturan-aturan selama menggunakan kendaraan . Sebagai pengawas atau controlling  yaitu pengawasan concurrent dan pengawasan umpan balik. Adapun hambatan dalam pelayananan angkutan umum yaitu meninkatnya angkutan pribadi, tingkat kenyamanan pengguna angkutan umum belum maksimal, serta kurangnya pegawai di dishub mamasa.

Copyrights © 2022