Penelitian ini dilakukan terhadap Fotocopy Anugrah Rengat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Persaingan dan promosi terhadap Pendapatan pada Fotocopy Anugrah Rengat. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental random sampling dengan 91 orang sampel sebagai responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, analisis data dilakukan secara parsial dan simultan (analisis regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS Stastic versi 21.0). Dari hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 11,496 - 0,354X1 + 0,961X2, terlihat bahwa Persaingan dan Promosi memiliki pengaruh yang positif terhadap Pendapatan pada Fotocopy Anugrah Rengat. Selain itu, pengujian secara simultan (Uji F), telah diperoleh F hitung > F tabel yaitu sebesar 50,596 > 3,10. Sehingga kedua variabel bebas yaitu Persaingan dan promosi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu Pendapatan pada Fotocopy Anugrah Rengat. Sedangkan Uji Regresi Parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel promosi lebih dominan berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan pada Fotocopy Anugrah Rengat yaitu t hitung > t tabel sebesar 9,840 > 1,98698. Demikian variabel Persaingan berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan pada Fotocopy Anugrah Rengat yaitu t hitung > t tabel sebesar -3,110 < -1,98698. Selain itu, Hasil dari koefisien korelasi berganda adalah sebesar 0,731 yang menunjukkan tingkat hubungan antara seluruh variabel independent terhadap variabel dependent dalam penelitian ini berada dalam kriteria keeratan hubungan kuat. Besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi variabel Pendapatan dengan persentase 53,5%, Sedangkan 46,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Copyrights © 2018