Kondisi covid-19 memasuki pertengahan sesmester 2021/2022 masih membawa dampak terhadap dunia pendidikan. Kemunduran cara belajar siswa dilihat dari menurunnya kemampuan literasi. Pembelajaran menggunakan metode Choral reading berbasis big book pada siswa kelas 3 A ketuntasan dari penilaian tes literasi pada siklus I dan II menunjukkan nilai yang mengalami kenaikan sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi baca siswa kelas 3 dengan metode choral reading berbasis buku berjenjang big book yang meliputi membaca teks tertulis, menulis, mencari, menelusuri untuk mengembangkan pemahaman siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 076/IX Mendalo Darat. Adapun hasil dari penelitian ini rata-rata kelas pada siklus II yaitu 82,50 yang sudah mencapai nilai ketuntasan dengan nilai tertinggi mencapai 90.00 dan nilai terendah dengan nilai 75.00 dan siklus II dianggap telah berhasil. Pembahasan di atas menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Choral reading berbasis big book dapat meningkatkan nilai literasi baca siswa. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa penelitian telah mengalami keberhasilan.
Copyrights © 2022