PubBis : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis
Vol 4 No 1 (2020)

IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT (Studi Standar Pelayanan Minimal RSUD H. Damanhuri Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008)

Roro Rukmini Widiaswari (Univ. Achmad Yani Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
14 May 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pelaksanaan Permenkes No. 129/2008 dilihat dari 21 jenis jasa di H. Damanhuri Barabai Regional Hospital hulu sungai tengah District. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan jenis deskriptif. Kuesioner didistribusikan kepada responden untuk mendapatkan data primer, sementara data sekunder dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan dokumenter yang ditemukan di lapangan. Dengan menggunakan Skala Likert data dianalisis dan disajikan sesuai dengan tujuannya, kemudian menyimpulkan sesuai dengan temuan di lapangan. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan kesehatan di rumah sakit daerah H. Damanhuri Barabai berdasarkan Permenkes nomor 129 tahun 2008 dalam hal aspek 21 jenis layanan yang dianggap termasuk dalam kategori yang sangat baik, karena Skor kriteria interpretasi menyatakan bahwa nilai 84,56% termasuk dalam kategori yang sangat baik. Keywords: pelayanan kesehatan dan karyawan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PubBis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal PubBis provides media to publish original articles in the form of a unique new knowledge in the fields of public administration and business administration. This journal opens opportunities for the publication of the existence and research sharing and sustainable efforts development in ...