Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen Malahayati (JRAMM)
Vol 8, No 2 (2019): Volume 8 Nomor 2

Fraud Orderan Transportasi Berbasis Online Pada PT. Gojek Bandar Lampung

Yuli ana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prasetiya Mandiri Lampung)
Eka Sariningsih (Universitas Malahayati)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2020

Abstract

Teknologi yang makin berkembang memberikan peluang bagi bisnis transfortasi secara onlinediantaranya PT Gojek. Tidak ada suatu sistem yang sempurna, sistem gojek dimana masih memilikikelemahan dalam sistem orderan, sering terjadi kecurangan yang dilakukan para driver dankonsumen,pemberian reward tidak hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negatif untuk paradriver. Reward yang menggiurkan membuat para driver melakukan orderan sendiri yang seolah-olahada konsumen yang memesan,atau kecurangan yang dilakukan konsumen seperti oderan fiktif, yangterjadi karena adanya kesepakatan antara driver dan Konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa rata –rata kecurangan ( froud) orderanberdasarkan tekanan, peluang dan berdasarkan kompetensi . Pengujian dilakukan menggunakan taknikmetode rata-rata. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus sloven sebanyak 100sampel driver Gojek PT. Gojek di Bandar lampung.Hasil penelitian menunjukkan : 1). Rata-rata kecurangan ( froud) berdasarkantekanan(pressure) dalam penelitian ini menyatakan bahwa tekanan (pressure) Fraud Orderan PadaTransportasi Berbasis Online .rata –rata diperoleh sebesar 9,87, 2) Rata-rata kecurangan ( froud)berdasarkan Peluang (Opportunity) diperoleh sebesar 10,247, 3) Rata-rata kecurangan Berdasarkankompetensi (Comptence) rata- rata diperoleh sebesar 10,465.Kata Kunci : Kecurangan, Tekanan, Peluang dan Kompetensi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

risetekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini memuat hasil riset dosen-dosen dari program studi akuntansi ; meliputi akuntansi keuangan , akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik dan manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dilingkungan FE unimal maupun dari luar FE Unmal FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ...