Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance
Vol. 5 No. 1 (2022): Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance

IMPLEMENTASI STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA INDUSTRI FINANCIAL TECHNOLOGY MICROFINANCE SYARIAH DI INDONESIA

Timotius Yohanes Mamuko (Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Masruchin (Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Diah Krisnaningsih (Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Microfinance syariah dapat dilihat sebagai industri yang sedang berkembang di beberapa negara Muslim seperti Indonesia, Malaysia, Pakistan, Bangladesh. Bertindak sebagai gerakan untuk mengentaskan kemiskinan di masyarakat dan membantu meningkatkan taraf sosial masyarakat miskin. Sebagai industri yang berkembang, keuangan mikro syariah memang menghadapi beberapa tantangan seperti jangkauan pasar yang terbatas, kurangnya keahlian dalam industri, masalah tata kelola dan manajemen, dan persaingan bisnis yang begitu ketat. Oleh karena itu customer relationship management sangat diperlukan dalam memperbaiki kualitas layanan antara pengelolaan dengan pengguna, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar optimal pengimplementasian customer relationship management dalam microfinance syariah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tabarru

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope and Focus of this journal subjected to area of : Islamic Banking (BUS, BPRS & UUS), Islamic Financial Intitutions such as Islamic Insurance (Takaful), Islamic Leasing, Islamic Capital Market (Islamic Bond/SUKUK & Islamic Stock), Islamic Pawn Shop, Baitamall Wattamwil (BMT), Islamic ...