Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Koping untuk Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Negatif Anak Usia 4-6 Tahun

Muthmainah Muthmainah (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Edi Purwanta (Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Yogyakarta)
Suwarjo Suwarjo (Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran keterampilan koping untuk mengelola emosi negatif anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah-langkah desain pembelajaran ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli model pembelajaran, ahli materi, ahli media, anak TK berusia 4-6 tahun, dan guru TK di wilayah DIY yang ditentukan dengan teknik cluster proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran keterampilan koping meliputi sintaks yang terdiri dari rasional strategi, identifikasi emosi anak, latihan dan praktik, penugasan, dan pembiasaan. Model pengembangan pembelajaran keterampilan koping ini dinyatakan valid karena memiliki V hitung lebih besar dari V tabel 5%. Selain itu, model ini juga efektif untuk mengelola emosi negatif anak usia 4-6 tahun karena hasil uji Wilcoxon Signed Ranks menunjukkan nilai (Sig.) 0,0000,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...