Jurnal Amal Pendidikan
Vol 3, No 1 (2022): Edisi April 2022

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar

Endri Nuryanto (Universitas Halu Oleo)
Hasnawati Hasnawati (Universitas Halu Oleo)
Salim Salim (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gaya belajar siswa di SMPN 22 Konawe Selatan; (2) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa di SMPN 22 Konawe Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa diambil menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis kemampuan komunikasi matematis dan angket gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif yang bermaksud menggambarkan keadaan nilai satu atau lebih variabel secara mandiri. Hasil penelitian di SMP Negeri 22 Konawe Selatan pada kelas VII :(1) Terdapat 31 siswa atau 44% siswa bergaya belajar visual, 12 siswa atau 17% siswa bergaya belajar auditori, 23 siswa atau 32% siswa bergaya belajar kinestetik, 3 siswa atau 4% siswa bergaya belajar visual-auditorial, dan 2 siswa atau 3% siswa bergaya belajar visual-kinestetik.; (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh 10 siswa atau sebesar 15% siswa berkemampuan sangat baik, 21 siswa atau sebesar 32% siswa berkemampuan baik, 28 siswa atau sebesar 42% siswa berkemampuan cukup, dan 3 siswa atau sebesar 4% siswa berkemampuan kurang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...