EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Alam Tunas Mulia

Rizky Oktarina Costa (Universitas Mercu Buana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Komunikasi persuasif yang diterapkan guru di kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar dapat diartikan sebagai daya pendorong untuk melakukan aktivitas belajar tertentu yang berasal dari dalam diri dan juga dari luar individu sehingga menumbuhkan semangat dalam belajar. Sekolah Alam Tunas Mulia merupakan sekolah informal, dimana mayoritas siswa merupakan anak anak dari pemulung di Tempat Pembuangan Akhir, Bantar Gebang. Komunikasi Persuasif digunakan untuk mengubah pola pikir dan prilaku siswa di Sekolah Alam untuk meningkatkan motivasi belajar mereka agar bisa lebih baik. Efeknya dapat menumbuhkan motivasi siswa Sekolah Alam Tunas Mulia semangat menggebu untuk mengikuti proses pembelajaran. Komunikasi yang dilakukan oleh guru Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang termasuk dalam kategori baik. Guru di sekolah ini mampu mengembangkan komunikasi persuasif dengan menjangkau siswa dan mengetahui kepribadian siswa sehingga mampu berkomunikasi secara terbuka dengan gurunya. Siswa dapat menyerap apa yang dikatakan guru dan siswa juga mengalami banyak perubahan pembelajaran dapat mencapai skor yang lebih tinggi. Sswa lebih semangat belajar dan lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Adanya pengaruh yang positif terhadap komunikasi Guru dengan motivasi belajar siswa karena komunikasi yang diberikan oleh Guru kepada siswanya mampu memberi perubahan yang lebih baik, dan komunikasi tersebut juga semakin menambah motivasi belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...