EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint dan Media Video dalam Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Maria Sesilia Lasut (Universitas Negeri Manado)
Zoya Febrina Sumampouw (Universitas Negeri Manado)
Jeanne M. Mangangantung (Universitas Negeri Manado)
Richard Daniel Herdy Pangkey (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran power point dan media pembelajaran video dalam pembelajaran daring baik secara langsung atau bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif survey dan korelasi, dilaksanakan pada siswa kelas V SD Kecamatan Tikala. Unit populasi berjumlah 79 siswa, dan sampel 44. Data variabel X1 dan X2 dikumpulkan menggunakan angket yang telah diuji kevaliditasan dan realibilitasnya, data variabel Y dikumpulkan dengan teknik dokumentasi yaitu data nilai ulangan semester ganjil. Teknik analisis data diawali dengan uji prasyarat yaitu normalitas dan uji linearitas serta uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana untuk hipotesis 1 dan 2 dan analisis regresi berganda untuk hipotesis 3. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran power point dan media pembelajaran video dalam pembelajaran daring baik secara langsung dan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh pada prestasi belajar siswa kelas V SD. Oleh sebab itu diharapkan dalam memaksimalkan sebuah pembelajaran guru harus kreatif menggunakan media pembelajaran yang merupakan alat bantu guru menyampaikan pesan pembelajaran yang memaksimalkan hasil belajar dan bersinergi pada prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...