EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pembiasaan Prektek Keagamaan Sholat, Mengaji, Doa, Asmaul Husna (SMDH) dalam Meningkatkan Pendidikan Moral Anak

Faizatul Widat (Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia)
Fathor Rozi (Universitas Nurul Jadid Probolinggo,Indonesia)
Puji Lestari (Universitas Nurul Jadid Probolinggo Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek perkembangan nilai agama dan moral anak di Taman Posyandu Anak Shalih. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenisnya studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara mendalam serta didukung dengan dokumentasi . Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian yang telah dilakukan di lapangan yakni pembiasaan praktek keagamaan Sholat, Mengaji, Doa, Asmaul Husna (SMDH) dalam meningkatkan Pendidikan moral anak sangat efektif, karena dalam kegiatannya anak diberi kebiasaan untuk bertingkah laku sesuai dengan syariat agama islam. Pelaksanaan  metode pembiasaaan cukup tepat untuk diterapkan terhadapt anak usia dini hal ini dikarenakan pertumbuhan mereka identic menirukan lingkungan yang di tempatinya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...