EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Analisis Perwujudan Jati Diri Toleransi Beragama dalam Perspektif Dokumen Abu Dhabi

Mikael Sene (STKIP Weetebula)
Yunita Hilda Ngongo (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
18 May 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi dan bentuk perwujudan jati diri toleransi beragama berdasarkan perspektif Dokumen Abu Dhabi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi dan bentuk perwujudan jati diri toleransi beragama para siswa/i SMK Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian 216 orang. Prosedur sapling  menggunakan clastering sampiling. Instrumen yang dikembangkan adalah self administeret qustionnaires. Kuisioner disebarkan melalui google form. Syarat validitas data jika r_hitung≥r_tabel atau nilai signifikansi ≤0,05. Hasil uji validitas nilai r_tabel=0,3610 untuk semua butir, artinya semua butir pernyatan valid. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Hasil uji validitas 0,921 ini berarti instrumen penelitian reliabel. Data penelitian dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata secara seluruh responden 83,92 (sangat tinggi). Hasil analisis masing-masing agama diketahui bahwa siswa beragama Katolik mendapatkan skor rata-rata 85,28 (sangat tinggi), siswa beragama Kristen Protestan mendapatkan skor rata-rata 81,45, (sangat tinggi), dan siswa beragama Islam memperoleh skor rata-rata 83,84, (sangat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditegaskan bahwa persepsi dan perwujudan jati diri toleransi beragama siswa SMK Pancasila Tambolaka sangat baik. Sikap toleransi beragama dapat terwujud oleh anak dipengaruhi oleh  faktor lingkunga (Enviroment) yaitu sekolah, kebudayaan dan keluarga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...